Branding merupakan proses membentuk persepsi atau apa yang orang pikirkan terhadap suatu produk, brand atau perusahaan. Branding terbentuk dengan menggabungkan beberapa elemen seperti logo, warna, nada, image dan lainnya.
Dengan branding yang konsisten, maka terbentuklah gambaran tentang produk/perusahaan yang kuat dimata konsumen dan stand-out dibanding produk lainnnya.
Mengapa Branding sangat penting?
Dalam industri kuliner, mari kita amati contoh brand Kopi kenangan.
Siapa yang tidak tahu Kopi Kenangan? Branding mereka sangat kuat, dimulai dengan nama brand mereka sendiri yaitu “kenangan”. Lalu dilanjutkan dengan bentuk logo kopi kenangan yang menggunakan ikon hati. Bahkan, semua menu mereka menggunakan nama yang berkaitan dengan “kenangan”, seperti menu kenangan mantan, kenangan mantan menikah, kenangan masa lalu, dan lain-lain.
Dengan menggunakan kata “kenangan” sebagai kunci dari sebuah branding, membuat kopi kenangan stand-out dibandingkan kompetitor lainnya. Bahkan dapat dikatakan bahwa mungkin brand “kenangan” yang dibawa oleh kopi kenangan menjadi salah satu inspirasi untuk kompetitor lain membuat brand baru yang mirip dengan kopi kenangan.
Dalam dunia digital, brand-brand baru terus bermunculan setiap harinya. Branding yang unik sangat penting karena dapat memberikan kekuatan pada sebuah produk untuk tetap bertahan.
Dalam branding, tidak hanya terdapat logo, tipografi, dan warna saja. Isinya sangat luas meliputi banyak aspek, termasuk fotografi didalamnya.
Bagaimana branding melalui fotografi ?
Branding photography atau branding melalui fotografi merupakan serangkaian gambar yang senada dan serasi dengan identitas visual lainnya, seperti warna, logo, nada, tulisan dan lain-lain.
Dalam industri kuliner FnB, Branding photography mencakup foto produk, foto suasana restoran, foto pengalaman konsumen, foto tim, dan semua foto yang ditampilkan pada brand tersebut.
A. Branding photography membuat brand anda menyatu dengan konsumen
Berkoneksi dengan orang merupakan hal alamiah sebagai seorang manusia. Sosial media menjadi salah satu alat untuk berkoneksi dengan banyak orang. Survei menyebutkan bahwa 77% orang lebih tertarik untuk membeli produk apabila pemiliknya menggunakan sosial media. Konsumen suka apabila mereka tau siapa wajah yang ada di balik brand yang mereka beli atau mereka sukai.
Apabila anda menunjukkan kepada konsumen tentang “Siapa yang ada di balik sebuah brand“, hal tersebut akan membuat konsumen ikut merasakan apa yang anda lakukan dan anda kerjakan. Konsumen akan ikut terlibat secara tidak langsung dengan apa yang anda lakukan dibalik brand anda. Hal tersebut yang menjadi dasar keyakinan konsumen untuk membeli brand anda.
Contohnya, apabila anda memiliki sebuah cafe, tunjukkanlah foto para barista sedang membuat kopi, tunjukkan juga mereka sedang bercengkrama dengan konsumen, hal-hal yang mereka lakukan ketika tidak ada pelanggan, atau perasaan mereka ketika cafe anda sedang ramai-ramainya.
B. Branding photography membuat first impression semakin kuat
Ada sebuah survei yang menunjukkan bahwasannya orang dapat memberikan first impression dalam waktu 0,5 detik. Sangat cepat bukan? Dalam rentang waktu tersebut, konten yang baik, konsisten dan kuat akan sangat membantu calon konsumen anda untuk tertarik seketika. Konsumen anda akan tahu bahwasannya anda memperhatikan brand anda dengan rapih dan detail.
Ciptakanlah foto yang membuat konsumen anda tertarik pada produk anda dalam waktu 0,5 detik
C. Tingkatkan konsumen dengan branding photography
Konten visual tentunya lebih baik dan efektif dibanding dengan konten tulisan saja. 65% marketer mengatakan bahwasannya foto, video, infografik dan ilustrasi merupakan kunci utama dari proses brand story anda.
Enggagement yang anda dapatkan dari sebuah gambar 3-4x lebih besar daripada enggagement yang didapatkan dari tulisan.
Anda butuh sebuah gambar yang baik dalam branding photgraphy, dan yang terpenting foto dengan kualitas yang baik.
D. Konsisten adalah hal yang utama, dan fotografi merupakan hal yang sangat besar efeknya
90% konsumen memiliki ekspektasi untuk melihat konsistensi brand pada setiap channel. Apa yang anda tampilkan di instagram misalnya, harus sesuai, seirama dan senada.
Pada sebuah desain dalam posting instagram, hal pertama yang orang lihat adalah foto. Karena hal tersebut merupakan hal yang lebih kuat dibandingkan tulisan, logo dan lainnya. Setelah selesai melihat foto, barulah fokus konsumen berpindah pada caption dari post anda tersebut.
Hal tersebut membuat fotografi menjadi kunci pertama yang konsumen lihat. Apabila foto yang ditampilkan konsisten dan baik, maka konsumen anda akan lebih tertarik untuk melihat hal lainnya. Inilah kunci mengapa anda harus memiliki brand photography yang baik.
Sebaiknya, hindari menggunakan foto stock. Dengan menggunakan foto stock, brand anda terlihat unik dan kaku. Gunakan foto personalized sesuai brand anda.
Branding photography digunakan dimana saja?
Bagi industri kuliner atau FnB, anda dapat menggunakan branding photography anda pada hal hal berikut :
- Post instagram
- Story instagram
- Gambar profil sosial media
- Blog
- Menu
- Kartu nama
- Poster iklan digital
- Poster promosi
- Podcast
- Kemasan
Bagaimana cara menentukan branding photography?
Semoga sampai titik ini anda sudah paham tentang pentingnya pengaruh branding photography pada produk anda. Lalu, apa yang harus anda lakukan?
1. Tau cerita apa yang akan anda ceritakan
Sebelum memulai photoshoot apapun, anda harus mengetahui secara dalam tentang siapa brand anda, siapa tujuan dari audience/konsumen brand anda dan apa yang ingin anda tunjukkan kepada mereka tentang brand anda.
Contohnya, apabila anda memiliki produk cemilan kentang, siapakah konsumen anda? Apakah anak anak? Atau remaja yang suka jajan? Atau pekerja kantoran yang lalu lalang lewat toko anda? Atau orang yang suka dengan makanan pedas (misalnya kentang anda super pedas)?
Hal ini sangat penting untuk menjaga agar pesan yang anda sampaikan terarah dan efektif.
2. Tentukan list-list foto yang akan anda buat
Dalam hal ini, tentunya fotografer profesional yang akan membantu anda untuk menentukannya. Namun tidak ada salahnya apabila anda membuat sebuah garis besar dari list foto tersebut. Karena pada dasarnya, anda yang mengetahui seluk-beluk produk anda secara mendalam.
3. Temukan fotografer yang mengerti konsep branding secara mendalam
Dalam menentukan fotografer, tentunya anda tidak bisa secara asal mencari fotografer sembarangan. Fotografer tersebut harus mengerti tentang konsep branding, manfaat dan cara menciptakannya lewat fotografi.
Looksgreat merupakan studio kreatif yang siap membantu anda. Hal-hal yang menjadi keahlian kami yaitu fotografi dan videografi. Project yang kami kerjakan berfokus dalam bidang industri kuliner. Bisa dibilang industri kuliner merupakan expertise kami.
Looksgreat merupakan pilihan yang tepat bagi anda yang ingin menciptakan photography branding dengan efektif. Hal ini dikarenakan kami telah memiliki pengalaman 5 tahun dalam bidang kreatif, termasuk branding di dalamnya.