Visual atau tampilan yang baik berpengaruh penting dalam sebuah bisnis kuliner. Dalam menu contohnya, hal terpenting bagi konsumen saat memesan sebuah makanan adalah foto makanannya. Apakah makanan yang ditampilkan terlihat enak dan menggiurkan. Apakah makanan yang ditampilkan sesuai dengan harga.
Apabila penilaian konsumen terhadap foto makanan yang anda sajikan sesuai dengan harganya, makan konsumen dengan senang hati membeli produkmu
Apa Faktanya?
Menurut penelitian, orang biasanya akan mengingat 10% dari informasi yang mereka terima. Namun hal tersebut meningkat secara drastis hingga 65% apabila informasi yang disampaikan berupa visual atau gambar.
Bahkan 45% ahli pemasaran berkata bahwasannya fotografi adalah hal yang vital dalam pemasaran. Di tahun 2018 lalu, lebih dari 80% komunikasi yang disampaikan melalui visual. Kalau zaman sekarang, sosial media, toko online, dan lain-lain.
Kenyataannya, 82% orang akan membeli makanan berdasarkan apa yang mereka lihat dari fotografinya. Terlepas dari apa yang mereka butuhkan atau inginkan dari awal
First impression matters!
First impression sangat vital. hal yang pertama kali orang lihat akan berefek besar kepada seseorang. Tidak ada yang mau berinteraksi dengan brand yang tidak jelas, maka dari itu, buatlah first impression yang kuat.
Apabila pada kali pertama konsumen melihat produk anda dengan foto-foto yang menggiurkan dan enak dilihat konsumen agar tertarik pada produk anda.
Kesimpulannya,
Buat konsumen anda tertarik dengan first impression yang kuat dengan fotografi makanan yang impactfull
Tingkatkan Sales
Foto yang baik dapat menjual produk!
Lihatlah perbandingan foto dibawah. Burger yang sebelah kiri terlihat sangat enak dan menarik jika dibandingkan dengan burger yang sebelah kanan.
Walaupun pada kenyataannya, rasa kedua burger tersebut sama saja sebenarnya. Namun ketika disuruh memilih, orang tentu akan memilih burger sebelah kiri.
Stand out dari persaingan digital marketing
Tidak bisa dipungkiri bahwasannya digital marketing menjadi kunci dari pemasaran bisnis kuliner saat ini.
Menurut survey, lebih dari 40% orang berbelanja lewat digital saat ini
Bahkan, semenjak pandemi covid-19, terjadi peningkatan sebanyak 65% transaksi yang terjadi secara digital.
Kenyataannya, hampir 90% industri kuliner saat ini bergantung pada digital marketing. gofood, grabfood, tokopedia, shopee dan lainnya. Brand kita harus kuat bersaing dalam era digital saat ini.
Fotografi makanan sangat berpengaruh membantu anda stand-out dibanding toko lainnya. Coba bayang kan ketika anda mencari suatu makanan yang anda ingin order dari aplikasi gofood misalnya
ketika anda menuliskan kata bubut, maka akan muncul puluhan hingga ratusan pilihan bubur.
Bagaimana caranya agar terpilih dijadikan pilihan konsumen?
fotografi makanan adalah jawabannya
Merupakan solusi dari semua kebutuhan pemasaran
Untuk menyewa fotografer makanan profesional. tentunya anda membutuhkan investasi. Namun investasi tersebut sebanding karena foto makanan dapat anda gunakan dimanapun.
Misalnya untuk media sosial, buku menu, poster promosi, grabfood/gofood dan lainnya.
Memperkuat branding produk
Secara singkat, branding adalah segala macam kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk memperkuat nama brand anda di mata konsumen. Lebih lengkapnya lagi, anda dapat membaca apa itu branding dan pentingnya branding untuk produk anda.
Branding erat kaitannya dengan emosional. Karena peran fotografi anda
Dengan branding yang kuat, tentunya produk anda akan kuat bertahan di tengah ramainya persaingan brand lainnya.
Contohnya pada kumpulan foto di atas terdapat mood “clean & white” yang senada dengan branding produk tersebut, yaitu cemilan sehat.
Masih banyak lagi sebenarnya pentingnya fotografi makanan dalam perkembangan bisnis kuliner. Nanti akan dibahas pada kesempatan lainnya.
Tips fotografi makanan yang bagus
Kita sudah faham apa pentingnya fotografi makanan dalam bisnis kuliner. Lalu sekarang, apa yang harus dilakukan jika kita ingin menciptakan foto makanan yang bagus?
1. Lakukan planning
Planning sangat penting. Baik jika ingin memotret sendiri maupun meminta bantuan profesional.
Tentukan apa yang menjadi tujuan anda dalam memotret. Apakah anda ingin memotret untuk menu anda? atau untuk toko online di grabfood/gofood. Atau untuk kebutuhan posting sosial media. Tentukan juga produk apa yang anda akan potret nantinya.
Dengan melakukan planning, anda telah menghemat banyak waktu. Anda juga dapat menyiapkan peralatan yang dibutuhkan ketika memotret nantinya.
2. Proses fotoshoot
Memotret sendiri bukanlah hal mudah dan memakan waktu yang lama. Dibutuhkan pengalaman bertahun-tahun untuk menciptakan kualitas gambar yang memiliki impact.
Apabila anda memiliki budget marketing, kami sangat menyarankan anda menyewa fotografer profesional yang memiliki alat yang lengkap serta pengalaman fotografi bertahun-tahun. Dengan menyewa fotografer profesional, anda akan medapatkan hasil yang memuaskan dan tidak perlu membuat waktu.
Namun apabila anda memiliki budget yang terbatas, anda dapat foto seadanya dengan gadget yang anda miliki. Anda dapat menonton youtube atau mengikuti workshop fotografi makanan untuk mengetahui caranya
3. Proses Editing
Setelah melakukan fotoshoot, anda dapat mengedit foto anda tergantung dari hasil yang anda ingingkan. Misalnya ingin dimuat di grabfood, maka dapat menggunakan rasio 1×1. Atau kalau di instagram bisa menggunakan 4×5
Selain itu juga terdapat editing cahaya dan warna. hal ini juga yang menjadi salah satu alasan anda untuk menyewa fotografer makanan profesional, karena fotografer yang profesional memiliki kemampuan editing dan kepekaan mata, sehingga warna yang dihasilkan akan senada.
Anda juga bisa menggunakan software editing foto seperti adobe lightroom dan photoshop.
Kesimpulan
Foto makanan sangatlah penting perannya dalam bisnis makanan, khususnya dalam lingkup pemasaran dan branding. Degnan foto yang baik, maka akan mempermudah konsumen membeli produk kita.